Desember 14, 2014 | IGA

Perkembangan Usaha Jasa Pengamanan

Saat ini tidak kurang dari 1000 perusahaan jasa keamanan yang berdiri di Indonesia, dan telah mengelola lebih dari 900 ribu satpam jumlah itu sebenarnya masih sangat wajar, mengingat kebutuhan tenaga keamanan masih sangat tinggi dan cendrung meningkat. Pembangunan telah menjadi pemicu berdirinya perusahaan perusahaan jasa keananan. outsourcing security di Jakarta dan didaerah lain di Indonesia.

Menurut Direktur Utama PT. Indra Garda Agung, Suharso Bahwa perkembangan jasa keamanan mengikuti pola pembangunan khususnya di Jakarta, karena Satpam telah menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pembangunan. mulai dari tahap perencanaan hingga operasional sebuah gedung, Pabrik atau Hotel, semuanya itu membutuhkan jasa keamanan, Jelas Suharso yang juga bergerak dalam bidang jasa keamanan ini. 

Masih menurut direktur PT. IGA ini, bahwa Perkembangan Perusahaan jasa satpam di Indonesia sesungguhnya dapat membantu mengurangi tingginya tingkat pengangguran, selain membantu bagi mereka yang tidak dapat meneruskan pendidikan ke tingkat lebih tinggi setelah lulus SLTA. Sesungguhnya mereka juga  dapat memulai karir sebagai satpam professional. Hampir semua Perusahaan jasa Keamanan menerapkan pola rekruitmen yang sama, biasanya melaui iklan lowongan di surat kabar atau pencarian tenaga melalui website yang saat ini marak dilakukan.

Beberapa hal yang perlu menjadi catatan tentang perkembangan usaha jasa pengamanan ini adalah bagaimana usaha menyalurkan tenaga keamanan tidak semata mata mencari keuntungan, namun juga harus memperhatikan kualitas dari anggota satpam, ini dapat dilakukan dengan terus membina anggota dengan pola pendidikan dan latihan satpam yang terukur dan terencana.

Saat ini Perusahaan jasa keamanan tidak hanya pada usaha sumber daya manusia, namun telah berkembang menjadi beberapa jenis usaha, seperti jasa pengangkutan uang dan barang berharga, Jasa Konsultan Keamanan.

Yang paling penting dari pertumbuhan jasa keamanan adalah bahwa semua Pemilik Perusahaan harus benar benar memperhatikan kesejahteraan anggota satpam/ security. sehingga perkembangan usaha jasa keamanan tidak bisa dipisahkan dari usaha untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan petugas satpam itu sendiri.(AR2015)